Guidelines For Author

Naskah ditulis dalam Indonesia. Dewan redaksi pertama-tama akan meninjau manuskrip. Teks utama manuskrip harus diserahkan sebagai dokumen Word (.doc). Naskah tidak lebih dari 6000 kata (minimal), diketik dengan baik dalam satu kolom pada kertas ukuran A4, menggunakan 9 pt Bookman Old Style. Naskah berisi karya asli dan berpotensi berkontribusi pada kemajuan ilmiah yang sangat tinggi (lihat: Template Artikel).

Naskah harus berisi bagian berikut dalam urutan ini:
Judul
Judul artikel dalam bahasa Indonesia harus menggambarkan isi utama naskah, informatif, ringkas, dan lugas  (12 kata), serta tidak mengandung rumus.

Nama penulis
Nama lengkap dan tanpa gelar  akademik, ditulis dengan huruf kapital. Naskah yang ditulis oleh kelompok perlu dilengkapi dengan detail kontak yang lengkap.

Nama afiliasi untuk setiap penulis
Nama penulis harus disertai dengan alamat afiliasi lengkap, nomor kode pos, dan alamat email.

Abstrak
Ditulis secara singkat dalam bahasa Inggris dalam satu paragraf 200-300 kata, berisi latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil penelitian.

Kata kunci
Ditulis dalam bahasa Inggris 3-5 kata atau kelompok kata, ditulis menurut abjad setelah itu ditulis dengan Klasifikasi JEL.

Pengantar
Menjelaskan latar belakang penelitian, masalah penelitian, state of the art, literature review terkait penelitian yang perlu dikembangkan, dan diakhiri dengan tujuan penelitian secara singkat. Keadaan seni penelitian mencerminkan isu-isu baru (kebaruan) dalam penelitian yang dilakukan. Proporsi pendahuluan terdiri dari 5-6 paragraf dan tidak lebih dari 1.500 kata.

Metode
Metode penelitian menggambarkan desain penelitian (tujuan dan variabel penelitian), target penelitian (populasi, sampel, dan teknik pengumpulan data), model penelitian, penelitian pengembangan, dan teknik analisis data. Hipotesis penelitian harus dinyatakan secara implisit.

Hasil dan Diskusi
Temuan dan diskusi memberikan analisis data mengenai pertanyaan penelitian. Disarankan untuk menggunakan tabel, grafik, atau diagram untuk menjelaskan hasil penelitian. Diskusi penelitian menjelaskan hasil data penelitian tanpa mencantumkan dalam teks hasil penelitian melainkan menjelaskan pentingnya temuan penelitian. Hasil penelitian bertujuan untuk mengatasi masalah penelitian, tujuan, dan hipotesis sehingga pembahasan penelitian dapat terfokus pada temuan penelitian yang terjadi secara implisit.

Kesimpulan
Kesimpulan penelitian didasarkan pada temuan dan pembahasan yang telah dibahas. Substansi kesimpulan didasarkan pada temuan penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan kontribusi penelitian tanpa numerik dan disajikan dalam satu paragraf

Referensi
Gaya penulisan referensi menggunakan APA 6 atau 7 (American Psychological Association). Disarankan, naskah ditulis menggunakan aplikasi Mendeley, Endnote/Zotero. Referensi yang digunakan minimal 80% berupa artikel penelitian dalam jurnal dan prosiding yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir, dan 20% referensi dapat dikutip dari Laporan Penelitian, Tesis, dan Disertasi.